Friday, December 25, 2015

cara memanfaatkan aki bekas

Cara memanfaatkan aki bekas.

Pengertian Baterai (Aki)
Accumulator  atau lebih familiar disebut dengan aki, adalah alat yang dapat menyimpan tenaga listrik beberapa waktu.
cara memanfaatkan aki bekas
 Baterai atau aki, atau bisa juga accu adalah sebuah sel listrik dimana di dalamnya berlangsung proses elektrokimia yang reversibel (dapat berbalikan) dengan efisiensinya yang tinggi. 

Yang dimaksud dengan proses elektrokimia reversibel, adalah di dalam baterai dapat berlangsung proses pengubahan kimia menjadi tenaga listrik (proses pengosongan), dan sebaliknya dari tenaga listrik menjadi tenaga kimia, pengisian kembali dengan cara regenerasi dari elektroda-elektroda yang dipakai, yaitu dengan melewatkan arus listrik dalam arah (polaritas) yang berlawanan di dalam sel.

Fungsi Baterai
Baterai atau aki pada mobil berfungsi untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia, yang akan digunakan untuk mensuplai (menyediakan) listik ke sistem starter, sistem pengapian, lampu-lampu dan komponen komponen kelistrikan lainnya.

susunan sel aki
Baterai (aki)

Kontruksi Baterai
Didalam bateria mobil terdapat elektrolit asam sulfat, elektroda positif dan negatif dalam bentuk plat. Plat plat tersebut dibuat dari timah atau berasal dari timah. Karena itu baterai tipe ini sering disebut baterai timah, Ruangan didalamnya dibagi menjadi beberapa sel (biasanya 6 sel, untuk baterai mobil) dan didalam masing masing sel terdapat beberapa elemen yang terendam didalam elektrolit.

Pada mobil banyak terdapat komponen-komponen kelistrikan yang digerakkan oleh tenaga listrik. Diwaktu mesin mobil hidup komponen kelistrikan tersebut dapat digerakkan oleh tenaga listrik yang berasal dari alternator dan baterai (aki), akan tetapi pada saat mesin mobil sudah mati, tenaga listrik yang berasal dari alternator sudah tidak digunakan lagi, dan hanya berasal dari baterai saja. Contoh bentuk pemakaian energi listrik saat mesin mobil dalam kondisi off (mati) adalah pada lampu parkir, lampu ruangan, indikator pada ruangan kemudi, peralatan audio (tape recorder), peralatan pengaman dan lain-lain. 

Jumlah tenaga listrik yang disimpan dalam baterai dapat digunakan sebagai sumber tenaga listrik tergantung pada kapasitas baterai dalam satuan amper jam (AH). Jika pada kotak baterai tertulis 12 volt 60 AH, berarti baterai baterai tersebut mempunyai tegangan 12 volt dimana jika baterai tersebut digunakan selama 1 jam dengan arus pemakaian 60 amper, maka kapasitas baterai tersebut setelah 1 jam akan kosong (habis).

Kapasitas baterai tersebut juga dapat menjadi kosong setelah 2 jam jika arus pemakaian hanya 30 amper. Disini terlihat bahwa lamanya pengosongan baterai ditentukan oleh besarnya pemakaian arus listrik dari baterai tersebut. Semakin besar arus yang digunakan, maka akan semakin cepat terjadi pengosongan baterai, dan sebaliknya, semakin kecil arus yang digunakan, maka akan semakin lama pula baterai mengalami pengosongan. Besarnya kapasitas baterai sangat ditentukan oleh luas permukaan plat atau banyaknya plat baterai. Jadi dengan bertambahnya luas plat atau dengan bertambahnya jumlah plat baterai maka kapasitas baterai juga akan bertambah.

Sedangkan tegangan accu ditentukan oleh jumlah daripada sel baterai, dimana satu sel baterai biasanya dapat menghasilkan tegangan kira kira 2 sampai 2,1 volt. Tegangan listrik yang terbentuk sama dengan jumlah tegangan listrik tiap-tiap sel. Jika baterai mempunyai enam sel, maka tegangan baterai standar tersebut adalah 12 volt sampai 12,6 volt. Biasanya setiap sel baterai ditandai dengan adanya satu lubang pada kotak accu bagian atas untuk mengisi elektrolit aki.
Susunan  plat aki 
susunan sel aki

setiap sel aki menghasilkan 2v, untuk menghasilkan 12v maka diperlukan 6 sel aki, dari ke 6 sel tersebut berdiri sendiri-sendiri dan disusun secara seri.
Bila penggunaan sudah mencapai beberapa tahun (rata-rata 2-3 tahun), kondisi aki akan menurun, ditandai dengan menurunnya performa, cepat habis dan tidak kuat menyalakan starter pada kendaraan, lebih dikenal dengan aki sudah droop.

Penanganan umum aki yang sudah drop
  1. aki ada 2 jenis yaitu jenis kering dan basah, penaganannya berbeda.
  2. untuk yang kering cukup dicaz lagi dengan adaptor selama 4-7 jam, kalo berhasil akan normal kembali, kalau tidak berhasil kita akan bahas dibawah.
  3. Untuk aki basah kita lihat dahulu level air nya, kalo berkurang kita isi lagi dengan air aki sampai level atas. kemudian kita caz selama 4-7 jam.
  4. setelah pengecasan selesai, pasang kembali pada kendaraan, kemudian starter. kalau belum berhasil pada tahap inilah kebanyakan aki akan diistirahatkan dan diganti dengan aki baru dan aki lama akan menjadi barang bekas yang kecil sekali nilai harganya. Tapi jangan khawatir kita akan membahas lebih lanjut tentang cara memanfaatkan aki bekas ini.
cara memanfaatkan aki bekas
cara memanfaatkan aki bekas ini saya bagi 3 bagian:
  • bagian ringan, me aki droop pada fungsi 

5 comments:

  1. mana yang tulisan tentang memanfaatkan aki bekas ĦăªĦăĦăĦăª ( •̃͡⊝̮•̃͡)( •̃͡⊝̮•̃͡)๏ђέђέђέђέ๏( •̃͡⊝̮•̃͡)( •̃͡⊝̮•̃͡)
    unik nich tulisan nggak sesuai judulnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maap om... belum selesai nulis itu..., lagi banyak kerjaan.., besuk disambung lagi.... hihih, btw trima kasih dah berkunjung....

      Delete

silahkan berkomentar yg baik dan sopan, no sara, no spam. thx